Ads

Friday, January 26, 2018

5 Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Kesehatan.bloklimasatu.com - Lagu dangdut tempo dulu pernah tersampaikan sebuah lirik lagu dimana di dalamnya ada sebuah lirik yang menyatakan "dari pada sakit hati lebih baik sakit gigi ini, biar tak mengapa." Namun pada kenyataannya ketika rasa sakit telah menyerang gigi, rasa cinta seakan tidak berguna lagi. Deraan rasa sakit yang begitu sangat ikut berpengaruh terhadap semua aktifitas yang ada.

Apabila kita menilik kepada pengalaman banyak orang, sakit gigi memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Pun begitu banyak juga yang oabt yang beredar di masyarakat, baik yang berasal dari pabrik yang dijual di toko-toko maupun apotek, ada juga yang berasal dari bahan herbal, ada juga yang memilih menggunakan cara tak kasat mata. Semua itu sah sah saja selama tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Berikut akan saya sampaikan 5 cara ampuh mengobati sakit gigi dengan bahan dari sekitar kita.

1. Garam
Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Bawang merah + air jeruk nipis
Haluskan bawang merah dan campurlah sedikit air jeruk nipis. Buatlah menjadi bulatan kecil lalu taruhlah pada gigi yang berlubang
Bawang merah mengandung Allisin, Allilin, alilpropil, disulfide, fitosterol, flavonol dan lain lain
Fungsinya sebagai anti peradangan yang mampu mengatasi segala bentuk peradangan didalam jaringan kulit.

3. Kompres es batu
Masukkan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

4. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi. Minyak ini disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, anestesi alami.

Tapi, berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.

Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Alternatifnya, Anda bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit.

5. Getah pohon patah tulang
Ambil getahnya lalu oleskan pada lubang gigi dengan menggunakan cotton bud.
Getah pohon paatah tulang mengandung senyawa taraksasterol, euforrbon, eufol, senyawa damar dan lain lain. Fungsinya sebagai meredakan nyeri sekitar gigi yang berlubang dan mencegah pembengkakan.

No comments:

Post a Comment